apakah anda menyukainya?


Kamis, 13 Mei 2010

cewek cerewet VS cewek pendiem


CEWEK CEREWET VS CEWEK PENDIAM

 Cewek Cerewet
Eh, omong-omong, cerewet tuh apa-an sih? Kata orang neh, kamu-kamu yang punya tahi lalat di bawah bibir sebelah kanan, itu tandanya kamu tuh orangnya cerewet. Nah, apakah yang tidak punya tahi lalat di situ dijamin tidak cerewet? Waduh-waduh kok jadi ngomongin tahi lalat? Sudah lupakan saja.
Kata ‘cerewet’ sering diartikan sebagai ‘banyak bicara’, ‘banyak omong’, ‘berisik’, ‘sok tahu’ dan lain-lain. Misalnya orang yang mo beli bakso, bilang ke penjualnya “Pak, beli bakso satu porsi, ga pake sambel dan saos, mienya yang kuning doank, pake somay, jangan terlalu panas, tapi ga pake pentol dan tolong dikirim via email ya Pak!” Glodaks!! Waduh, yang begini ini neh, betul-betul cerewets (bentuk jamak, saking cerewetnya). Kalau lihat ini doank, pasti dalam benak kamu, kata ‘cerewet’ punya arti yang minus, miring, jelek, pokoknya kamu bakalan mengeluarkan berbagai jurus penolakan bila kamu diberi sebutan ‘cerewet’.
Sebenarnya neh gals, boleh-boleh aja kok kita cerewet, bahkan terkadang kita kudu cerewet. Eit, bagi kalian yang biasa cerewet, jangan keburu merasa senang ya. Gini lho, dalam hal-hal tertentu bahkan kita diwajibkan untuk cerewet. Misalnya kita disuguhi makanan yang kelihatannya super enak, dan bikin air liur kita mengalir bak air terjun Niagara (hii…jijay), kita ga boleh asal sekrop aja makanan itu. Apalagi kalau stempel halal belum benar-benar “nempel” di hidangan itu. Kita wajib “cerewet”, dalam artian cari tahu, apa saja sih komposisi dari makanan itu, apalagi kalo kita ke restoran yang levelnya internasional. Tahu kanrestoran internasional itu apa? Itu-tuh, restoran kopi tubruk. Hehe. By the way, kita kudu selidiki lho, dagingnya daging apa, kita ga mau kan kalo disuguhi daging dinosaurus. Selain itu, minumannya ada alkoholnya apa tidak. Terus apa ada zat-zat yang ga bagus buat tubuh dan lain-lain. Nah, ini adalah cerewet yang baik. Dieng!!
Demikian pula dengan macem-macem hal yang terjadi di lingkungan kita. Kita sebagai cewek kudu melek dan peduli dengan kejadian di sekitar kita, biar kita ga kuin, kuper ato katrok. Dalam QS Al-Imron : 104 disebutkan “Dan hendaknya ada di antara kamu segolongan umat yang menyerukan pada kema’rufan, mengajak kepada kebaikan dan mencegah dari kemungkaran. Dan mereka itula orang-orang yang beruntung” Gals, dari sini kita tahu bahwa kita disuruh untuk ‘cerewet’ bila ada kemungkaran, yaitu dengan saling ngingatkan dan menyerukan kebenaran. So, kalo ada teman kita yang salah, kita kudu kasih tahu ke dia apa salahnya dan gimana sih yang bener. Jangan hanya nyalahin doang atuh neng. Soal ngingatkan ini ga dibatasi pada teman aja lho, bahkan jika pemerintah kita salah dalam ambil kebijakan pun, kita juga wajib untuk ngingatkan atau ngkritik. Lalu gimana donk caranya? Apakah dengan mengirimkan surat tanpa nama ke Pak Presiden? Atau ngelempar pejabat pake kaleng (surat kaleng nih ye…!!). Ga lagi, tentunya, dengan cara yang ma’ruf dong. Misalnya, dengan menulis opini di koran, ikut aksi damai untuk ngingatkan pemerintah dan lain-lain. Waduh mbak, masak cewek berpolitik? Eit, jangan salah, berpolitik itu artinya sadar akan urusan masyarakat, kalau kita ga “cerewet” dan ga peduli dengan urusan masyarakat, padahal kita termasuk bagian dari masyarakat, bagaimana kalau masyarakat itu rusak? Hayoo….apa kita mau jadi rusak juga? Emoh atuh Mbak?? Apalagi Allah memang memerintahkannya kepada manusia untuk saling mengingatkan dalam kebenaran, tanpa ada batasan cewek or cowok. Oke deh….
Karena kita tuh muslimah, maka standar ber-‘cerewet’, baik itu mengkritik, berpendapat dan lain-lain juga kudu kita sandarkan pada Islam. Bagaimana Islam ngaturnya? Gampang kok, disesuaikan dengan Al-Quran dan As-sunnah. Nah, berarti kita kudu belajar untuk tahu gimana Islam mengatur berbagai permasalahan tadi, dengan cara mengkaji Islam, supaya bisa nyampaikan apa-apa yang benar menurut Islam. Tul nggak? Dengan begitu, ATP dan ADP kita dalam ber-cerewet ria ga akan terbuang sia-sia. Ingat lho ya, pas nyampaikan sesuatu, jangan sampai merendahkan lawan bicara, apalagi dengan suara keras atau berteriak, pilih deh kosakata yang bagus. Allah SWT berfirman, ”Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.” (TQS. An Nahl: 125).
Intinya, sampekan ke-cerewet-an kita itu dengan cara yang ikhsan, yang benar dan kudu ikhlas karena Allah Ta’ala, agar orang lain itu bisa nerima kritikan atau saran kita dengan legowo, dan bukan sebaliknya. Ok, gals, yuuk kita ber-cerewet dengan cara yang benar!. Gambaroo!!
 Cewek pendiam
Cewek pendiam biasanya kalu jumpa orang tuh dia diam banget tapi kalu sms, aduh banyak pertanyaan nya, tapi juga lebih berani mengeluarkan pendapatnya!!
Biasanya di balik kediaman seorang cewek, di dalamnya tersimpan banyak misteri. Kadang juga bikin orang penasaran,sebenarnya gimana sih sifat dia sebenarnya..?
Di balik sifat pendiamnya juga biasanya tersimpan banyak kelebihan yang tidak banyak orang yang mengetahui karena kediamannya itu.
Biasnya cewek yang pendiam juga lebih suka membicarakan sesuatu lewat sms,karena kurang berani atau grogi jika berbicara langsung kepada orangnya,ngeluarin kata-2 nih otak rasanya hang..
beda kalo ma tulisan bisa explore sebanyak-banyaknya ngalir begitu aza...
Kita harus lebih agresif deketin orang yang pendiam, buat dia yakin kalo kamu tertarik sama dia, biasanya orang pendiam tuh punya samacam shield, nanti kalo dah merasa nyaman dan cocok, dia baru berani buka diri...
sebenernya dibalik diamnya, dia mempunyai pribadi yang hangat dan menyenangkan, cuma kamu perlu usaha lebih untuk mengenalnya... pelan-pelan aja, jangan terlalu buru2, biar dia menyadari klo kamu tertarik untuk kenal lebih jauh, buat dia merasa nyaman di dekat kamu...
Ada juga sifat pendiam seseorang itu udah bawaan lahir, dia betul-betul sangat pasif sekali mau bicara kalau diajak duluan , orang-orang pada ketawa karena ada yang lucu sedangkan dia hanya senyum dikulum aja. Tidak punya ekspresi .Masih mending dia suka bertanya , ada lagi dia sangat sulit diajak berkomunikasi , semuanya dia pendam aja , padahal hal tersebut harus diselesaikan dan dibicarakan dengan orang lain atau orang yang lebih mengetahui agar semuanya dapat diselesaikan dengan baik.Ya kalau ketemu dengan cewe seperti itu , kamu harus konsekwensi sendiri karena memang begitulah orang pendiam itu. Ada juga yang pendiam tapi masih bisa aktif karena berhadapan dengan orang aktif atau lawan bicara yang aktif so dia itu seperti ada rangsangan untuk dapat aktif dan percaya diri untuk mengungkapkan yang belum terungkap , bisa ngelucu juga . yah..sebagai cewek pendiam..cewek2 pendiam itu sebenernya juga sama kayak cewe2 yang rame, punya banyak pertanyaan..punya banyak keinginan..
dan juga punya rasa ingin diperhatikan, sayangnya cewe2 pendiam itu ga punya kekuatan untuk menyatakan semua itu..
cewe2 pendiam itu lebih suka kalo lawan bicaranya yang memulai, kalo ga dimulai2, dia juga sama, ga bakal, mulai..
jadi kalo loe kenal sama cewe pendiam, harusnya loe yang berani untuk mulai bicara, kalo enggak, diem aja deh selamanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar