apakah anda menyukainya?


Senin, 05 Juli 2010

publikasi

8 TIPS MEMBUAT PUBLIKASI EFEKTIF
1. Gunakan Headline (Fokus Tema) yang Paling Menarik.
Setiap acara pasti memiliki tujuan/tema tertentu. buat headline yang menarik perhatian dan sifatnya komunikatif “.
2. Isi Publikasi dengan Informasi yang Lengkap dan Detail.
Setiap konten dalam setiap publikasi pasti memiliki karateristik yang berbeda-beda, tergantung tujuannya. Namun yang perlu diperhatikan adalah informasi yang disampaikan sedapat mungkin detail dan minimal terdapat informasi 4W + 1H (What, When, Who, Where, How). Acaranya apa, kapan acara diadakan, siapa pematerinya, dimana acaranya, dan bagaimana acara tersebut diselenggarakan (terkait dengan pendaftaran, prosedur untuk mengikuti acara tersebut dsb.) Oh iya jangan sampai tidak menyertakan Contact Person. Banyak peserta yang tidak jadi mengikuti sebuah acara karena tidak mengetahui kepada siapa ia harus menghubungi.
3. Gunakan Redaksional yang Efektif dan Efisien
Perhatikan informasi apa saja yang akan kita sampaikan. Seringkali terlalu banyak informasi yang ingin disampaikan, malah membuat materi publikasi yang kita buat menjadi kurang komunikatif. Sehingga membuat tujuan dari tema menjadi tidak jelas, hal ini tentu saja akan membingungkan pembaca.
4. Gunakan Bahasa yang Simpel dan Mudah Dipahami
Tentukan terlebih dahulu target dari peserta yang diinginkan, jangan mengorbankan informasi yang ingin disampaikan dengan menggunakan istilah-istilah yang justru membingungkan dan tidak dipahami pembaca. Tujuan kita bukan menjadikan pembaca bertambah istilah-istilah asingnya, namun tersampaikannya informasi dengan jelas kepada mereka.
5. Buatlah Desain yang Professional & Sesuai dengan Informasinya.
Bagi yang lebih mementingkan isi, terkadang desain sebuah publikasi dibuat terkesan TIDAK PROFESSIONAL & TERKESAN SEADANYA. Hal ini yang sering saya temui di lapangan. Entah apa mungkin karena desainernya asal-asalan, terburu-buru atau malah tidak memiliki kemampuan teknis. Publikasi sendiri adalah representasi dari acara yang akan diadakan. Jika kualitas publikasinya rendah, maka bukan tidak mungkin pembaca akan menganggap acaranya tidak berkualitas.
6. Gunakan Media Publikasi yang Berkualitas
Media yang saya maksud disini adalah sarana yang digunakan untuk menampilkan publikasi. Misalnya media kertas, saya sering sekali melihat sebuah acara yang sebetulnya bagus dan berkualitas, namun sayangnya media publikasinya sangat minim, misalnya media yang digunakan hanya menggunakan kertas foto copy yang kualitas foto-copyannya juga memprihatinkan. Toh, kalaupun menggunakan kertas foto-copy, carilah tempat foto-copy yang kualitas foto-copynya bagus. Dan tentunya, karena menggunakan kertas fotocopy, jangan menggunakan Kombinasi Warna & Gradasi yang berlebihan. Akan sangat bagus jika memang memiliki dana yang lebih, gunakan kertas dan cetakan yang berwarna.
7. Tentukan Titik-Titik Distribusi yang Tepat
Setelah selesai membuat publikasi, tentukan dengan baik waktu penempelan publikasi di sekolah anda. Tempatkan publikasi di tempat yang stategis dan pembaca mudah melihatnya. Jangan sampai Anda salah tempat untuk menempelkan publikasi, karena disamping publikasi menjadi mubazir juga akan memboroskan pengeluaran dana anda.
8. Ketahuilah Kebiasaan Penempelan Publikasi di Daerah Sekolah Anda.
Perhatikanlah kebiasaan waktu penempelan publikasi di daerah Anda. Misalnya Anda mengira menempelkan poster pada malam hari adalah tepat. padahal paginya ada publikasi baru yang lain di tempel, alhasil publikasi Anda tertutup oleh publikasi yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar