apakah anda menyukainya?


Senin, 05 Juli 2010

penulis

PENULIS

Satu hal terpenting dalam membuat sebuah karya tulis adalah , lapang dada menerima segala bentuk apresiasi pembaca. Karena bukankah “sebuah karya bila sudah dilempar ke publik berarti karya tersebut sudah bukan milik kita lagi?” (kutipan). Karya yang kita lempar itu sudah jadi milik pembaca. Kita hanya sebagai penulisnya. Dan semua orang yang sudah terjun didunia tulis-menulis baik yang merasa sebagai pemula seperti saya, maupun yang sudah senior seperti para sastrawan kita tentulah sudah faham akan hal ini. Dan karenanyalah tak heran dunia penulisan kadang sangat ramai. Dimana kita temui sebuah karya menjadi sasaran tembak para pembaca dengan kritikan pedas sampai halus. Atau sebuah karya yang menjadi pujian banyak orang karena isinya yang menarik,, gaya penulisannya yang enak dibaca atau karena penulisnya yang memang sedang disorot.
seseorang menulis biasanya :
1.Berdasarkan pengalamannya sendiri yang diambil dari fikiran dan perasaan pribadi dari suatu masalah tertentu , dan ditulisnya dalam bentuk prosa yang sifatnya lebih mendalam.
2. Berdasarkan imajinasinya sendiri. Misalnya penulis yang menuliskan kisah-kisah imajinatif seperti kisah kuda terbang atau semacam kisah anak bernuansa dongeng.
3. Berdasarkan pengalaman orang lain, baik yang diceritakannya langsung, maupun dari hasil curhatan lewat dunia maya. Disini penulis bisa mengganti narasumber sebagai si Aku dalam tulisannya, yang beresiko orang akan menaggapnya itu adalah tentang dirinya. Atau penulis bisa mengganti sang aku menjadi dia. Semua tergantung bagaimana kesepakatan antar penulis dan narasumber yang menginspirasinya untuk menulis kisahnya.
4. Berdasarkan pengalaman pribadi, tapi enggan mengakuinya. Maka penulis tersebut biasanya berkelit seolah itu adalah hasil imajinasinya sendiri yang tak melibatkan emosi siapapun. Atau dengan mengatakannya sebagai kisah nyata tapi berdasarkan pengalaman orang lain, bukan dirinya pribadi.
5. Berdasarkan pengamatan pada suatu masalah tertentu dalam lingkungan sosialnya atau mencakup hal-hal yang lebih luas serta sifatnya lebih umum, seperti tentang negara, lingkungan, kesehatan, bencana, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar